PROFIL MA DARUSSALAM
Sejarah Berdirinya MA Darussalam
Menurut Kepala Madrasah, MA Darussalam didirikan oleh KH. Sholeh Shinwan, BA yang pada saat itu beliau menjabat sebagai ketua Yayasan Pendidikan Islam ”Darussalam”. Pendirian Madrasah Aliyah tersebut bukan hanya keinginan beliu semata melainkan berdasarkan berbagai masukan dan dukungan terutama dukungan dari KH. Musthofa Nawawi, KH. Zubair Nawawi, KH. Ahmad Halwani, dan KH. Abdulloh Halwani yang mana beliau-beliau tersebut menjabat sebagai penasehat yayasan.
Ada beberapa alasan yang dikemukakan oleh pendiri atas didirikannya MA Darussalam di antaranya:
Masukan dari wali murid MTs. Darussalam dan masyarakat sekitarnya yang menginginkan putra putrinya melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Untuk menanmpung lulusan MTs. Darussalam yang dari tahun ketahun jumlahnya semakin meningkat.
Untuk meningkatkan pendidikan masyarakat Pakong karena pada saat itu Yayasan Pendidikan Islam Darussalam merupakan satu-satunya yayasan yang menyediakan pendidikan formal di desa Pakong.
100
Meningkatkan SDM masyarakat Pakong untuk menghadapi masa depan yang serba modern.
Untuk memberi pelayanan pendidikan yang lebih baik dan sesuai dengan harapan masyarakat.
Atas dasar alasan, masukan, dan dukungan itulah MA Darussalam didirikan pada tahun 1996 dengan memperoleh piagam pendirian dari
Departemen Agama Propinsi Jawa Timur Nomor:
Wm.06.04/PP.03.2/3372/SKP/1998 dengan status terdaftar serta diberikan Nomor Statistik Madrasah (NSM) 1312352600006 Sejak berdiri sampai sekarang, Madrasah Aliyah Darussalam telah mengalami 4 kali pergantian kepemimpinan,
yaitu :
Sulahak, S.Ag (1996-2001)
Marnawi, S.Ag (2001-2004)
M. Timbang, S.Pd.I (2004-2007)
Nurussalam, M.Pd.I (2007 – Sekarang)
Madrasah Aliyah Darussalam terletak di desa Pakong Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan, jarak madrasah kepusat kecamatan + 16 Km sedangkan jarak kepusat Kabupaten + 18 Km. Letak MA Darussalam di sebelah barat berbatasan dengan Pondok Pesantren ”Darussholah
Annawawiyah” yang diasuh oleh KH. Zubair Nawawi dan KH. Sholeh Shinwan, di sebelah Utara berbatasan dengan Pondok Pesantren yang diasuh oleh KH. Musthofa Nawawi, sedangkan di sebelah timur dan selatan berbatasan dengan pemukiman masyarakat.
Adapun lingkungan Madrasah Aliyah Darussalam merupakan
lingkungan pesantren sehingga sebagian besar siswanya terdiri dari santri yang berasal dari sejumlah pesantren yang ada di desa Pakong dan sekitarnya, dengan demikian suasanapun terlihat islami, ini dibuktikan dengan pengelolaan madrasah yang mana Kegiatan Belajar Mengajar
(KBM) dilaksanakan terpisah antara siswa putra dan putri.
Identitas Madrasah
Identitas Madrasah aliyah ”Darussalam” PakongModung
Bangkalan Tahun Pelajaran 2010-2011.2
1. Nama Madrasah : Madrasah Aliyah Darussalam
2. Alamat Madrasah : Jl. Hidayat 415 Pakong
3. Telp : (031) 3080251/087851440547
4. Kecamatan : Modung
5. Kabupaten : Bangkalan
6. Propinsi : Jawa timur
7. Status/Akreditasi : Dalam proses
8. NSM : 1312352600006
9. NPSN : 20531528
10. Waktu KBM : Pagi
11. Penyelenggara : Yayasan Pendidikan Islam Darussalam
12. Pendiri : KH. Sholeh Shinwan, BA
13. Kepala Madrasah : Nurussalam, M.Pd.I
14. Wakamad
: Achmad Djoenaidi, SE
2 Dokumentasi Profil Madrasah, Modung, 16 Mei
2011.
Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Madrasah
Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran.
Visi MA Darussalam
Mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas di bidang IPTEK dan IMTAQ dengan disertai Akhlaqul Karimah.
Misi MA Darussalam
Menyelenggarakan Pendidikan yang berorientasi pada mutu dengan bersendikan ajaran Islam.
Selalu mengadakan evaluasi dan inovasi terhadap Proses
Belajar Mengajar
Melaksanakan kegiatan intra dan ekstra kurikuler.
Menciptakan lingkungan Madrasah yang islami, bersih, rapi, indah, aman, dan nyaman.
Menciptakan Madarasah sebagai sentral pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memaksimalkan pengamalan terhadap ilmu agama.
Tujuan MA Darussalam
Memberikan bekal berupa kemampuan, pengetahuan dan
keterampilan dasar yang bermanfaat bagi siswa.
Memberikan bekal pengetahuan agama dan umum yang sesuai dengan tingkat perkembangannya untuk mewujudkan tingkah laku yang baik.
Memberikan bekal dan persiapan kepada siswa untuk
melanjutkan ke perguruan tinggi.
Sasaran MA Darussalam
1. Menjadikan MA Darussalam sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas, mampu menyelenggarakan proses pendidikan secara profesional, dan menyiapkan peserta didik untuk meraih kelulusan yang memiliki kesiapan baik untuk memasuki jenjang pendidikan tinggi, maupun jalur karier lain dan bekerja mandiri.
2. Menjadikan MA Darussalam sebagai lembaga pendidikan yang mampu mendemonstrasikan proses pembelajaran yang komprehensif dan memfokuskan kegiatannya pada upaya memfasilitasi proses belajar siswa yang aktif, dinamis, mandiri, dan inovatif.
Menjadikan MA Darussalam sebagai lembaga pendidikan yang dikelola secara profesional dan mampu memperansertakan potensi masyarakat secara fungsional, proporsional dan integratif demi optimalisasi pembinaan dan pengembangan lembaga pendidikan yang berkualitas
Struktur Kepegawaian MA Darussalam
Kepala Madrasah adalah salah satu guru yang mendapat amanat dari ketua yayasan untuk memimpin sekaligus mengatur jalannya proses belajar mengajar di MA Darussalam, namun demi kelancaran tugas tersebut dalam kepemimpinannya kepala Madrasah dibantu oleh beberapa wakil dan karyawan hal ini dapat dilihat pada struktur berikut ini:
Keadaan Tenaga Pengajar (Guru)
Guru merupakan salah satu komponen pendidikan yang sangat dominan dalam menentukan mutu pendidikan di suatu lembaga, Karena guru sebagai centereducatin dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Dengan kata lain salah faktor untuk meningkatkan kualitas pendidikan haruslah didukung oleh tenaga pengajar yang memadai dan professional di badangnya. Data guru MA Darussalam dapat dilihat pada tabel di bawah ini:
Keadaan Siswa MA Darussalam
Keberadaan siswa di MA Darussalam Desa Pakong Kecamatan ModungKabuten Bangkalan dari tahun ketahun selalu mengalami peningkatan hal ini terlihat dari grafik penerimaan siswa baru yang terdapat di kantor, namun pada skripsi ini peneliti akan memaparkan keadaan siswa pada tahun pembelajaran 2010-2011 yang mana jumlah siswanya sebanyak 416 siswa yang terdiri dari 250 siswa dan 166 siswi yang dibagi menjadi 13 rombel. Adapun data tersebut dapat dilihat pada tabel berikut:
Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasarana merupakan faktor penunjang Kegiatan
Belajar Mengajar (KBM) di MA Darussalam PakongModung Bangkalan telah cukup memadai walupun belum sempurna. Adapun keadaan tersebut dapat dilihat pada tabel berikut:
0 komentar:
Posting Komentar